Pengabdian RG CNS di SMA Negeri 1 Widodaren Ngawi

Pada hari Rabu, 30 Juni 2021, research group Computer Networks and Security CNS) S1 Informatika UNS mengadakan kegiatan pengabdian di SMA Negeri 1 Widodaren Ngawi. Acara yang dilaksanakan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut diikuti oleh 45 orang guru.

kegiatan pengabdian RG CNS di SMA Negeri 1 Widodaren Ngawi

Ardhi Wijayanto selaku pemateri menyampaikan dua materi, yang pertama adalah mengenai pengenalan blog untuk para guru sebagai alternatif media pembelajaran. Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini memaksa dunia pendidikan beralih ke Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pemanfaatan teknologi mutlak diperlukan untuk menjamin lancarnya pelaksanaan PJJ. Blog dapat digunakan sebagai pendukung dan pelengkap pelaksanaan PJJ yang murah dan mudah, para guru dapat mengunggah materi mata pelajaran ke dalam blog yang selanjutnya dapat dibaca oleh para siswa. Blog juga dapat menjadi media untuk merekam pencapaian para guru, berbagai kegiatan yang diikuti dapat ditulis dalam bentuk artikel yang selanjutnya dapat dijadikan referensi bagi pembaca.

Materi kedua yang disampaikan pada acara tersebut adalah mengenai penggunaan media sosial untuk kegiatan wirausaha. Pada materi tersebut disampaikan mengenai tantangan yang dihadapi dunia usaha karena adanya pandemi Covid-19 yang memaksa para pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi. Media sosial merupakan media yang murah yang dapat dijadikan sebagai media promosi produk. Selain itu media sosial juga menjadi tempat mencari informasi terkait event wirausaha dan informasi mengenai komunitas wirausaha. Melalui informasi yang tersedia di media sosial tersebut, pelaku wirausaha memiliki kesempatan untuk terus mengembangkan usahanya. Pihak sekolah nampak antusias menyimak, mereka juga memiliki unit kegiatan wirausaha bagi para siswa. Dengan memanfaatkan media sosial ini diharapkan unit wirausaha siswa ini dapat berjalan terus secara berkesinambungan.

Acara dilanjutkan dengan praktek membuat blog menggunakan platform Blogger. Dalam kegiatan tersebut para guru dipandu untuk membuat akun dan melakukan pengaturan awal blog yang dibuat. Para guru juga dipandu untuk menulis artikel yang selanjutnya diposting ke dalam blog. Berdasarkan pengamatan, beberapa orang guru telah memiliki blog dan telah dikelola dengan memuat sejumlah artikel dan sebagian besar guru baru pertama membuat blog. Antusiasme peserta cukup tinggi yang nampak dari sejumlah pertanyaan yang disampaikan. Kegiatan praktek dilanjutkan dengan materi tambahan mengenai pembuatan channel Youtube bagi para guru. Melalui channel Youtube, para guru dapat mengembangkan media pembelajaran berbentuk video untuk dibagikan dengan para siswa. Pembuatan channel Youtube dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi yang terinstall di smartphone Android. Nampak para guru antusias mencoba membuat channel Youtube melalui smartphone nya masing-masing.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *