Mahasiswa Pertukaran Pelajar Informatika UNS Mendapatkan Gold Medal dalam Ajang Pameran Inovasi di Malaysia

Seorang mahasiswa Informatika FMIPA UNS mendapatkan medali emas dalam ajang pameran inovasi I-RIA (Innovative Research, Invention, & Application Exhibition) 2018 bersama kedua orang rekannya yang berasal dari Uzbekistan dan Malaysia. Acara berlangsung selama dua hari, tanggal 6 dan 7 Mei 2018 yang bertempat di Dewan Muazam Shah, Universiti Utara Malaysia.

Muhammad Adam Fahmil ‘Ilmi (dua dari kanan) bersama dua rekannya dan juga dosen UUM sebagai pengampu mata kuliah sedang mengikuti ajang pameran inovasi I-RIA 2018
Dialah Muhammad Adam Fahmil ‘Ilmi, seorang mahasiswa Informatika UNS yang saat itu tengah menjalani Program Pertukaran Pelajar (Student Exchange) di Universiti Utara Malaysia (UUM) selama satu semester. Bersama kedua orang rekan kuliahnya di UUM, Sardor Narzullaev dari Uzbekistan dan Sazali Bin Isnin dari Malaysia, mereka membuat sebuah prototipe berjudul “IoT based Intelligent Irrigation System” yaitu sistem pemantauan tanaman untuk membantu para petani dalam pengairan tanaman secara real-time menggunakan aplikasi mobile. Walaupun terbilang sederhana, tetapi mereka tidak mengira bahwa mereka akan mendapatkan gold medal dalam ajang pameran inovasi I-RIA 2018 tersebut.
Adam mengatakan bahwa sebenarnya prototipe tersebut dibuat sebagai hasil dari tugas akhir pada mata kuliah Intelligent Agent di UUM. Kemudian karena pada saat semester itu bertepatan dengan ajang pameran inovasi I-RIA 2018, maka hasil dari tugas akhir mata kuliah tersebut diikutsertakan dalam ajang pameran inovasi I-RIA 2018 atas dasar saran dari dosen pengampu mata kuliah Intelligent Agent, Dr. Nooraziah Che Pa. “Niatan kami ikut I-RIA ini adalah untuk mendapatkan pengalaman baru dan atas saran dari dosen pengampu mata kuliah. Kami tidak menyangka bahwa kami akan mendapatkan gold medal. Walaupun tidak disebut sebagai juara, akan tetapi mendapatkan gold medal saja kami sudah sangat senang dan bersyukur. Hal ini sebagai penyemangat kami untuk selalu berinovasi dan berkarya,” kata Adam.

pres realese1
Foto bersama seusai sesi pengumuman penghargaan hasil dari ajang pameran inovasi I-RIA 2018

Sebagai informasi, I-RIA merupakan sebuah ajang pameran inovasi yang diadakan oleh Program Studi School of Computing Universiti Utara Malaysia tiap tahunnya. Sejak tahun 2015, I-RIA telah berkembang menjadi pameran penemuan nasional yang diakui di Malaysia. Terdapat tiga kategori peserta dalam I-RIA 2018 tersebut, antara lain Primary School, Secondary School, dan Undergraduate/Postgraduate/Staff. Mengusung tema “Harnessing Technology for Industrial Revolution 4.0”, diharapkan inovasi-inovasi yang muncul dalam ajang tersebut mampu mendukung revolusi industri 4.0 sehingga bermanfaat bagi kehidupan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *