Prodi Informatika Adakan Kuliah Tamu Internasional Dari Curtin University Australia

“SMART GRID adalah sebuah jaringan listrik cerdas yang dapat mengintegrasikan aksi-aksi dari semua pengguna yang tersambung di dalamnya untuk berbagai hal, salah satunya memberikan pasokan listrik,”ujar DR. Vidyasagar Potdar dalam Kuliah Tamu Internasional Mahasiswa Informatika FMIPA UNS, Rabu (7/9/2016).
Dalam Kuliah Tamu bertajuk “Cyber Physical System and Internet of Things with Application to SMART GRID”, Lulusan Curtin University tersebut mengungkapkan SMART GRID merupakan tenaga listrik masa depan. “Dengan SMART GRID, transfer energi listrik yang terjadi tidak hanya berasal dari perusahaan penyedia listrik ke konsumen, namun juga sebaliknya,”jelas Mr. Vidy begitu ia disapa di Aula Gedung B FMIPA UNS.

Kuliah tamu yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB tersebut, membahas berbagai hal tentang SMART GRID. Mr Vidy yang juga berfokus pada penelitian SMART GRID dan Cyber Physical, begitu apik dalam mentransfer ilmunya. Mulai dari apa itu SMART GRID, mengapa terdapat SMART GRID, keuntungan, hingga penerapannya dalam kehidupan.

SMART GRID merupakan salah satu bagian penting dalam Smart Electricity System. SMART GRID diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah yang akhir-akhir sering terjadi. Sebagai contoh berkurangnya bahan bakar fosil yang sering digunakan untuk pembangkit listrik. Dalam SMART GRID ini menggunakan Smart Power Electronics. “Dengan Smart Power Electronics ini dapat membangkitkan informasi sesuai dengan keadaan jaringan pada transmisi listrik,”imbuh Mr. Vidy.

Keuntungan menggunakan SMART GRID ini, lanjut Mr. Vidy dapat meningkatkan kualitas, efisiensi, mengakomodasi pendistribusian sumber energi, hingga dapat meningkatkan pilihan konsumen. Kuliah umum yang berakhir sekitar pukul 11.30 WIB tersebut berlanjut tidak hanya membahas tentang SMART GRID saja, namun juga mengenalkan konsep SMART HOME dan SMART CITY.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *